MEMBUAT PROGRAM SEDERHANA MENCARI VOLUME DAN LUAS PERMUKAAN BANGUN KUBUS

Nama    : I Gede Eka Zuki Pradnyana

NPM    : 1216

Kampus 2A Amlapura

MEMBUAT PROGRAM SEDERHANA MENCARI VOLUME DAN LUAS PERMUKAAN BANGUN KUBUS

Langkah kerja :

Untuk membuat program sederhana menghitung volume dan luas permukaan kubus, pertama – tama buat dan aturlah objek – objek seperti terlihat pada gambar :


Setelah itu , letakkan komponen frame pada form, picture box, 3 buah tombol comand dan label seperti gambar :



 


 


 


 

Aturlah properties objek – objek pada form seperti berikut ini :

NAMA

PROPERTIES

NILAI

FORM1

NAME

Caption

Frmsoalkubus

Soal Bangun Kubus

Label 1

Name

Alignment

Back color

Caption

Font

Label1

Center

&H00C0C0FF&

Soal Bangun Kubus

Ms sans serif bold 24

Label 2

Name

Caption


 

font

Label2

Di bawah ini terdapat bangun kubus dengan rusuk

Ms sans serif bold 8

Label 3

Name

Caption

Alignment

Fore color

lblrusuk

dikosongkan

center

&H000000FF&

Label 4

Name

Caption


 

Font

Label4

CM TENTUKAN VOLUME DAN LUAS PERMUKAAN

Ms sans serif bold 8

Label 5

Name

caption

Label5

Kubus tersebut

Frame 1

Name

Caption

Font

Frame1

INPUT JAWABANNYA DI SINI

Ms sans serif bold 10

Label 6

Name

Caption

font

Label6

Volume

Ms sans serif bold 14

Label 7

Name

Caption

font

Label7

Luas permukaan

Ms sans serif bold 14

Label 10

Name

Caption

font

Label 10

CM

Ms sans serif bold 14

Label 11

Name

Caption

font

Label11

3

Ms sans serif bold 10

Label12

Name

Caption

Font

Label12

CM

Ms sans serif bold 8

Label 13

Name

Caption

font

Label13

2

Ms sans serif bold 8

Label 8

Name

Caption

Font

backcolor

lblkomenvol

dikosongkan

ms sans serif bold 18

&H0000FF00&

Label 9

Name

Caption

Font

backcolor

lblkomenluas

dikosongkan

ms sans serif bold 18

&H0000FF00&

Picture box

picture

( load picture )

Textbox 1

Name

Text

font

txtvol

Dikosongkan

Ms sans serif bold 10

texBox 2

Name

Text

font

txtluas

Dikosongkan

Ms sans serif bold 10


 

Sehingga hasil akhirnya seperti berikut ini :



 


 

SELANJUTNYA KITA KODING :

  1. Deklerasikan variabel – variabel berikut :

    Option Explicit

    Public bil1, luas, volume, jawabvolume, jawabluas As Integer


     

  2. Setelah itu klik dua kali form1 dan ketikkan kode :

    Private Sub Form_Load()

    Randomize

    lblrusuk.Caption = Int(Rnd * 10)

    End Sub


     

  3. Klik 2kali tombol periksa jawaban dan ketikkan kode berikut ini :

    Private Sub cmdperiksa_Click()

    bil1 = Val(lblrusuk.Caption)

    luas = Val(lblrusuk.Caption ^ 2 * 6)

    volume = Val(lblrusuk.Caption ^ 3)

    jawabvolume = Val(txtvol.Text)

    jawabluas = Val(txtluas.Text)

    If jawabvolume = volume Then

    lblkomenvol.Caption = "VOLUME KUBUS YANG ANDA INPUT SUDAH BENAR"

    Else

    lblkomenvol.Caption = " VOLUME KUBUS YANG ANDA INPUT SALAH "

    End If

    If jawabluas = luas Then

    lblkomenluas.Caption = "LUAS PERMUKAAN KUBUS YANG ANDA INPUT SUDAH BENAR "

    Else

    lblkomenluas.Caption = " LUAS PERMUKAAN KUBUS YANG ANDA INPUT SALAH "

    End If

    End Sub


     

  4. Klik dua kali tombol soal lain dan ketikkan kode :

    Private Sub cmdlain_Click()

    Randomize

    lblrusuk.Caption = Int(Rnd * 10)

    txtvol.Text = Empty

    txtluas.Text = Empty

    lblkomenvol.Caption = Empty

    lblkomenluas.Caption = Empty

    txtvol.SetFocus

    End Sub


     

  5. Double klik tombol keluar dan ketikkan kode :

    Private Sub cmdkeluar_Click()

    End

    End Sub


     


     


     


     


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Read More...

MEMBUAT MEDIA BELAJAR GEOMETRI MENGHITUNG VOLUME SUATU BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC


MEMBUAT MEDIA BELAJAR GEOMETRI MENGHITUNG VOLUME SUATU BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC
I GEDE EKA ZUKI PRADNYANA
NPM : 1216
UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
KAMPUS 2A AMLAPURA

 
ABSTRACK
Media pembelajaran yang baik harus memenuhi beberapa syarat, yaitu media pembelajaran harus meningkatkan motivasi siswa, harus merangsang siswa mengingat apa yang sudah dipelajari selain memberikan rangsangan belajar baru. Media yang baik juga akan mengaktifkan siswa dalam memberikan tanggapan, umpan balik dan juga mendorong siswa untuk melakukan praktek-praktek dengan benar. Penggunaan komputer sebagai media pembelajaran juga cocok untuk pembelajaran matematika terutama untuk materi yang memerlukan animasi, visualisasi, dan warna. Tujuannya adalah membuat siswa aktif mengamati sambil mendengarkan, mencoba, dan mempraktekan, sedangkan guru secara aktif membimbing siswa agar tidak mengalami kesulitan belajar. Program komputer yang dibutuhkan untuk pengembangan daya pikir siswa adalah program yang sangat efektif, efisien dan familier terhadap pemakai program (user). Misalnya membuat media belajar geometri yaitu menghitung volume bangun ruang dan luas bangun datar. Program ini dapat dibuat dengan menggunakan Visual Basic karena media belajar ini menggunakan bahasa pemrograman. Visual Basic sendiri merupakan program komputer yang dikembangkan dari bahasa pemrograman BASIC (Beginner All-purpose Symbolic Instruction Code) yang dalam sejarahnya sudah banyak digunakan oleh para programer untuk menyusun aplikasi. Pembuatan program aplikasi ini pada umumnya terdiri dari beberapa langkah yaitu mendesain tampilan program, penggabungan form-form, serta membuat aplikasi EXE sehingga media belajar geometri ini dapat dijalankan. Media pembelajaran geometri ini terdiri dari beberapa form yang digabungkan menjadi satu. Dalam setiap form siswa atau pengguna dihadapkan pada soal yang berisi materi mencari volume dan luas suatu bangun. Untuk menjalankan hasil keseluruhan program ini telah disediakan tombol-tombol yang disertai dengan nama berdasarkan fungsinya, selain itu untuk mempermudah dalam mengoperasikanya. Disamping untuk mempermudah dalam pengoperasiannya, kelengkapan menu dalam sebuah desain pembelajaran adalah untuk menjadikan sebuah media pembelajaran yang komunikatif dan interaktif.

BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH

Dalam kurikulum nasional matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Tujuannya untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif, serta kemampuan bekerja sama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti dan kompetitif.

Matematika khususnya materi geometri merupakan mata pelajaran yang bersifat abstrak. Dilain pihak selama ini media pembelajaran yang dipakai adalah alat peraga yang terbuat dari tripleks, kayu, atau kawat. Tetapi seiring dengan berkembangnya teknologi, media pembelajaran tersebut kurang menarik perhatian dan minat siswa.

Pendidikan merupakan salah satu hal penting untuk menentukan maju mundurnya suatu bangsa, maka untuk menghasilkan sumber daya manusia sebagai subyek dalam pem-bangunan yang baik, diperlukan modal dari hasil pendidikan itu sendiri. Khusus untuk mata pelajaran matematika, selain mempunyai sifat yang abstrak, pemahaman konsep yang baik sangatlah penting karena untuk memahami konsep yang baru diperlukan prasyarat pemahaman konsep sebelumnya.

Karena itu guru dituntut untuk dapat mengupayakan media pembelajaran yang tepat sedemikian sehingga sifat abstrak dalam matematika dapat dipersempit dan lebih dapat menarik perhatian dan minat siswa tanpa mengurangi fungsi media pembelajaran secara umum. Pemilihan media pembelajaran matematika dengan menggunakan media komputer dikarenakan akhir-akhir ini di lingkungan akademis atau pendidikan penggunaannya bukan merupakan hal yang baru lagi.

Berdasarkan uraian di atas maka permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini adalah "Bagaimanakah membuat media pembelajaran yang menarik menggunakan microsof visual basic khususnya pada pembelajaran geometri ".

B. TUJUAN

Dalam hal ini penulis ingin membuat media belajar geometri khusunya membuat latihan soal mengenai cara mencari volume suatu bangun ruang dan luas suatu bangun datar menggunakan microsoft visual basic.

C. MANFAAT

    Bagi siswa diharapkan dengan adanya media belajar ini maka :

  1. Siswa diharapkan mampu mengatasi kesulitan belajar geometri khususnya mencari volume dan luas.
  2. Siswa lebih tertarik mempelajari matematika dengan melihat tampilan media belajar yang dibuat semenarik mungkin.
    Bagi guru diharapkan dengna adanya media belajar ini maka :
  3. Kesulitan mengajar dan meneragkan cara mencari luas dan volume bangun ruang dan datar bisa diatasi.
BAB II
LANDASAN TEORI
Menurut J. Bruner (dalam Saminanto, 2010) belajar merupakan suatu proses aktif yang memungkinkan manusia untuk menemukan hal-hal baru diluar informasi yang diberikan kepada dirinya. Pengetahuan perlu dipelajari dalam tahap-tahap tertentu agar pengetahuan itu dapat diinternalisasi dalam pikiran (struktur kognitif) manusia yang mempelajarinya. Proses internalisasi akan terjadi secara sungguh-sungguh, yang berarti proses belajar mengajar terjadi secara optimal, jika pengetahuan itu dipelajari dalam tahap-tahap; 1) Enaktif, yaitu suatu tahap pembelajaran di mana pengetahuan dipelajari secara aktif dengan menggunakan benda-benda konkret atau situasi yang nyata. 2) Ikonik, yaitu suatu tahap pembelajaran di mana pengetahuan direpresentasikan dalam bentuk bayangan visual, gambar atau diagram yang menggambarkan kegiatan konkret atau situasi konkret yang terdapat pada tahap enaktif. Dan 3) Simbolik, yaitu suatu tahap pembelajaran di mana pengetahuan itu direpresentasikan dalam bentuk simbol-simbol abstrak, baik symbol-simbol verbal, lambang-lambang matematika maupun lambang-lambang abstrak lainnya.

Salah satu tugas guru adalah melakukan kegiatan pembelajaran ( mulai dari merancang, menyajikan, sampai dengan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran) agar diperoleh hasil pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang direncanakan ( Suharjono, 2010 ).

Jadi suatu proses belajar akan berlangsung secara optimal jika pembelajaran diawali dengan tahap enaktif, dan kemudian jika tahap belajar yang pertama ini dirasa cukup, siswa beralih ke tahap belajar yang kedua, yaitu tahap belajar dengan menggunakan modus representasi ikonik. Selanjutnya kegiatan belajar itu dilanjutkan pada tahap ketiga, yaitu tahap belajar dengan menggunakan modus representasi simbolik. Dengan demikian guru memerlukan media pembelajaran agar tahap-tahap tersebut dapat tercapai.

BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN
Merancang suatu media pembelajaran menggunakan visual basic dimulai dengan membuat masing – masing formnya. Karena dalam hal ini kita akan bekerja dengan beberapa form atau multi form. Langkah pertama adalah membuat form yang akan menjadi menu utamanya. Bukalah visual basic lalu lalu pilih standar exe. Form pertama yang kita buka ini akan dijadikan form utama. Tambahkankah beberapa label, ficture box sehingga tampak seperti berikut :



Selanjutnya setelah selesai membuat menu utama, namailah menu itu dengan nama utama_frm. Selanjutnya pada menu di atas, klik menu project, lalu project propertis, selanjutnya di kolom startup objek pilih utama_frm. Ini berarti form ini akan menjadi halaman awal saat program ini dijalankan.

    Setelah itu kita akan menambahkan beberapa form lagi. Caranya adalah dengan mengklik menu project lalu pilih add form. Namai form ke dua ini dengan balok_frm. Lalu form ke tiga dengan kubus_frm, dan form ke empat dengan bola_frm. Selanjutnya desainlah masing masing form tersebut sehingga tampilannya menjadi seperti berikut :

Desain balok_frm


desain kubus_frm



Desain bola_frm



Setelah semua form didesain seperti gambar di atas, langkah selanjutnya adalah membuat menu. pertama kali kita akan membuat menu pada utama_frm. Klik dua kali utama_frm untuk memunculkan form utama.



Selanjutnya setelah utama_frm muncul carilah menu tools. Lalu klik tool. Pada menu ini di isi dengan ketentuan :

namecaption
filemnufile
exitMnuexit
volumemnuvolume
balokMnubalok
kubusMnukubus
bolamnubola

 



Setelah menaruh menu pada utama_frm, sekarang kita akan mengisi menu pada form yang lain yaitu bola_frm, kubus _frm, dan balok_frm. Caranya sama, namun menu yang akan di isi kali ini berbeda. Yaitu pada masing – masing form kita isi dengan ketentuan :

nameCaption
optionMnuoption
exitMnuexit
Ke menu utamamnukemenuutama

 

Setelah masing – masing form kita ini menu, selanjutnya kita menuliskan kode programnya. Dimulai dari utama_frm, masuklah ke jendela koding lalu ketikkan kode di bawah ini di masing – masing form.

Utama_frmBalok_frmKubus_frmBola_frm
Private Sub mnubalok_Click()

balok_frm.Show

bola_frm.Hide

kubus_frm.Hide



End Sub



Private Sub mnubola_Click()

balok_frm.Hide

bola_frm.Show

kubus_frm.Hide



End Sub



Private Sub mnuexit_Click()

End

End Sub



Private Sub mnukubus_Click()

balok_frm.Hide

bola_frm.Hide

kubus_frm.Show

End Sub
Public bil1, bil2, bil3, volume, jawabvolume As Integer

Private Sub Command1_Click()

bil1 = Val(Label3.Caption)

bil2 = Val(Label7.Caption)

bil3 = Val(Label9.Caption)

volume = bil1 * bil2 * bil3

jawabvolume = Text1.Text

If volume = jawabvolume Then

Label15.Caption = " VOLUME BALOK SUDAH BENAR "

Else

Label15.Caption = " VOLUME BALOK SALAH "

End If

End Sub



Private Sub Command2_Click()

Randomize

Label3.Caption = Int(Rnd * 10)

Label7.Caption = Int(Rnd * 10)

Label9.Caption = Int(Rnd * 10)

Label15.Caption = " "

Text1.Text = " "

Text1.SetFocus

End Sub



Private Sub Command3_Click()

End

End Sub



Private Sub Form_Load()

Randomize

Label3.Caption = Int(Rnd * 10)

Label7.Caption = Int(Rnd * 10)

Label9.Caption = Int(Rnd * 10)

End Sub



Private Sub mnuexit_Click()

End

End Sub



Private Sub mnukemenuutama_Click()

utama_frm.Show

End Sub
Public vol, bil1, jawabvol As Integer

Private Sub cmd_periksa_Click()

bil1 = Val(Label3.Caption)

vol = Val(bil1 ^ 3)

jawabvol = Val(Text1.Text)

If vol = jawabvol Then



Label9.Caption = " VOLUME YANG ANDA INPUT SUDAH BENAR "

Else

Label9.Caption = " VOLUME YANG ANDA INPUT SALAH "

End If

End Sub



Private Sub Command1_Click()

Randomize

Label3.Caption = Int(Rnd * 10)

Text1.Text = Empty

Label9.Caption = Empty



End Sub



Private Sub Command2_Click()

End

End Sub



Private Sub Form_Load()

Randomize

Label3.Caption = Int(Rnd * 10)

End Sub



Private Sub mnuexit_Click()

End

End Sub



Private Sub mnukemenuutama_Click()

utama_frm.Show

End Sub
Public bil1, bil2, volume, jawabvolume As Integer



Private Sub cmd_periksa_Click()

bil1 = Val(Text1.Text ^ 3)

bil2 = Val(Text2.Text * 4 / 3)

volume = bil1 * bil2



jawabvolume = Text3.Text

If volume = jawabvolume Then

Text4.Text = " VOLUME BOLA BENAR "

Else

Text4.Text = " VOLUME BOLA MASIH SALAH "

End If



End Sub



Private Sub Command2_Click()

Randomize

Text1.Text = Int(Rnd * 10)

Text4.Text = Empty

Text3.Text = Empty

Text3.SetFocus

End Sub



Private Sub Form_Load()

Randomize

Text1.Text = Int(Rnd * 10)

End Sub



Private Sub mnuexit_Click()

End

End Sub



Private Sub mnumenuutama_Click()

utama_frm.Show

End Sub

 

Sesuaikan nama label, text box, form, picture box pada kode di atas dengan apa yang di desain pada masing masing form. Hal ini bertujuan agar program dapat di eksekusi dengan baik.



BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
  1. KESIMPULAN
Dari uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pemakaian microsoft visual basic sebagai sarana untuk membuat media pembelajaran cukup efektif karena cara pembuatannya relatif gampang dan visual basic menggunakan bahasa pemprograman yang tidak terlalu rumit.

  1. SARAN
Berdasarkan apa yang telah diuraikan di atas, maka penulis menyarankan :

  1. Setiap guru atau pendidik hendaknya mengetahui atau mempelajari visual basic, dalam rangka pembuatan suatu media belajar karena penggunaan dan penerapannya yang penting.
  2. Dalam pembelajarn matematika hendaknya menggunakan media belajar untuk mengurangi sifat abstaksi dari pelajaran matematika itu sendiri. Pemanfaatan teknologi informasi ( IT ) dirasa paling tepat saat ini untuk dimanfaatkan sebagai media belajar.

     
DAFTAR PUSTAKA
Pujiati, M,ed. Dra. Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika SMP, PPPG Matematika Yogyakarta, 2004
Sadeli Muhammad, Kumpulan Proyek Visual Basic 6.0, Maxikom, 2010

Saminanto, Ayo Praktik PTK, Rasail, 2010

Supardi, Prof. Penelitian Tindakan Kelas Beserta Sistematika Proposal Dan laporannya, Bumi Aksara, 2010
Read More...
  • description
  • . . .
  • description
  • . . .
  • description
  • . . .
  • description
  • . . .
  • description
  • . . .
  • description